CEO : Sang Pendobrak Kesuksesan Perusahaan



     Banyak perusahaan rintisan di dunia ini yang berkembang sukses, bahkan sangat sukses. Baik usaha offline ataupun online. Siapa  sosok yang berperan di belakang kesuksesan perusahaan tersebut? Ya, dialah CEO (Chief Executive Officer). Atau disebut Pejabat Eksekutif  Tertinggi, Presiden direktur atau direktur utama.

Berikut beberapa CEO yang melambungkan kesuksesan perusahaaan :

1. Larry Page

     Pendiri dan CEO pertama dari perusahaan internet terbesar yaitu Google.


2. Aliko Dangote

  Pendiri dan CEO perusahaan Dangote Group yang terletak di Nigeria, Afrika. Perusahaan Dangote dibentuk  pada tahun 1977 yang bergerak di sektor beras, gula dan semen (Dangote cement). Sukses yang diraih perusahaan Dangote pada saat ini  hingga mengembangkan ke sektor industri yang lebih dari 18 sektor, diantaranya properti, telekomunikasi dan migas. Perusahaan besar ini menguasai seluruh negara di benua Afrika.


3. Carlos Slim

Carlos Slim bertindak sebagai komisaris dan CEO di tiga perusahaan , yaitu Grupo Carso, Telmex, America Movil.  Carlis Slim adalah seorang insinyur yang memulai karirnya dengan mendirikan perusahaan yang kemudian dikenal dengan Grupo Carso pada tahun 1965.


4. Warren Buffett

Warren Buffett menjabat sebagai komisaris dan CEO Berkshire Hathaway. Perusahaan yang dipimpinnya membawahi banyak anak usaha, seperti American Express, Coca-Cola, Costco, dan Moody’s.  Pekerjaan pertama Buffett adalah menjad loper koran di Omaha, Nebraska pada tahun 1940. Ia berhasil mengumpulkan uang sebanyak US$ 5.000 atas pekerjaannya itu dan membuatnya masuk ke dunia investasi hingga akhirnya didirikanlah Berkshire.


5. Eike Batista

Pendiri sekaligus sebagai CEO dari perusahaan EBX yang didirikan tahun 1983. Sekarang grupnya membawahi lebih dari 10 perusahaan yang tersebar di seluruh dunia dengan aneka sektor industri.


6. Lawrence J. Ellison

Lawrence J. Ellison adalah salah satu pendiri dan CEO Oracle. Ellison mendirikan Oracle dengan nama Software Development Laboratories (SDL) tahun 1977 silam. Pada tahun yang sama, perusahaan itu mendapat kontrak dari CIA untuk membuat program data bernama Oracle.


7. Mark Zuckerberg

Pendiri dan CEO facebook yang bermarkas di  Perusahaan yang didirikannya merupakan jejaring sosial paling besar di dunia dengan pengguna sebanyak 845 juta.


8. Lakshmi Mittal

Pendiri dan CEO dari perusahaan Arcelor-Mittal , produsen baja terbesar di dunia. Perusahaan Arcelor-Mittal didirikan  pada tahun 1976 dengan nama LNM Group. Tahun 2006 lalu, perusahaannya merger dengan Arcelor sehingga berubah nama menjadi ArcelorMittal.


9. Sheldon Adelson

Sheldon Adelson adalah CEO sekaligus komisaris dari perusahaan Las Vegas Sands, emiten kasino paling terkenal di Amerika Serikat (AS).


10. Charles G. Koch

Menjabat sebagai komisaris sekaligus CEO perusahaan Koch Industries, emiten besar di AS, sejak tahun 1967. Penerus perusahaan yang didirikan ayahnya, yaitu father Fred C. Koch dan teman sekelasnya Lewis E. Winkler pada tahun 1925. Awal perusahaannya  bernama Winkler-Koch Engineering. Perusahaan tersebut telah berhasil menemukan cara untuk menyuling minyak mentah menjadi bahan bakar minyak (BBM).
Charles dan saudaranya, David Koch, mengambil alih perusahaan tersebut setelah ayahnya meninggal dan melakukan banyak ekspansi ke lebih dari 60 negara. Dalam perkembangannya, sektor industrinya bertambah.
    

edy widz

Instagram